Oleh-Oleh Pangkalpinang – Jalan-jalan sudah, kulineran juga sudah. Kalau gitu saatnya berburu oleh-oleh! Pulau Bangka punya berbagai jenis oleh-oleh yang enak dan unik buat keluarga atau teman-teman kamu. Kerupuk, kue kering, asinan, sambal, hingga terasi bisa jadi oleh-oleh kalau kamu ke Bangka. Karena cita rasanya yang berbeda, kamu pasti pengen beli semuanya deh. Dengan harga yang terjangkau, hampir semua oleh-oleh khas Bangka ini bisa kamu dapatkan di pusat Kota Pangkalpinang.

Oleh-oleh Khas Belitung di Pusat Kota Pangkalpinang

Jika kamu nggak punya terlalu banyak waktu untuk cari oleh-oleh, nggak masalah kok. Banyak toko oleh-oleh di Pangkalpinang yang menjual berbagai macam penganan khas Bangka. Kalau masih punya banyak waktu, kamu bisa mampir ke pasar tradisional di Bangka.

1. Kemplang

Kemplang adalah cemilan yang umumnya terbuat dari ikan tenggiri dicampur dengan tepung tapioka. Ada juga kemplang yang terbuat dari udang atau cumi-cumi. Bentuk kemplang ini bermacam-macam, sobat tiket. Ada yang berbentuk bulat, segi empat, lonjong, dan lainnya.

Cemilan yang seperti kerupuk ini cara masaknya nggak cuma digoreng dengan minyak lho, tapi bisa juga dipanggang/dibakar atau digoreng dengan pasir!

Rasanya gurih banget dan crunchy. Selain dimakan begitu saja, kamu juga bisa menikmati kemplang dengan sambal terasi khas Bangka yang rasanya pedas dan manis atau sambal tauco. Nendang banget!

2. Sirup Jeruk Kunci

Sudah nyobain es jeruk kunci kan selama liburan di Pulau Bangka? Kalau rasanya yang asem-asem segar itu ternyata cocok banget di lidah kamu, kamu bisa beli sirup jeruk kunci sebagai oleh-oleh nih. Sirup ini bisa diseduh dengan air hangat atau dicampur dengan es.

Selain untuk stok kamu di rumah kalau cuaca lagi terik dan pengen yang menyegarkan, sirup jeruk kunci bisa buat oleh-oleh yang cocok untuk keluarga, teman atau kolega kamu. Rasanya akan lebih ciamik lagi kalau dicampur dengan somboi atau manisan buah dari Cina.

3. Asinan Kelubi

Terbuat dari buah kelubi, asinan ini rasanya manis, kecut, dan asin. Untuk buah Bocoran slot gacor hari ini kelubi sendiri bentuknya seperti buah salak tapi lebih kecil. Kulitnya sama-sama bersisik dan berwarna coklat saat sudah matang. Rasanya sendiri asam dan agak sepat.

Katanya orang-orang Bangka udah biasa bikin asinan ini sendiri. Terkadang asinan kelubi dimakan dengan garam cabe seperti rujakan untuk memberikan sensasi pedas. Oh ya, buah kelubi ini kaya akan vitamin C lho dan bagus untuk kulit. Gimana? Sepertinya menarik untuk dicoba ya sobat tiket?

4. Kue Rintak

Kue ini juga dikenal dengan nama kue sagu. Biasanya, kue rintak ini berbentuk seperti bunga dan memiliki tekstur yang agak keras saat kamu gigit tapi lembut dan akan meluber di mulutmu. Kue ini rasanya manis, sobat tiket.

Paling enak menyantap kue ini dengan kopi atau susu. Penganan ini sangat disukai rtp slot pragmatic orang lokal baik tua maupun muda. Bedanya dengan kue sagu yang biasa kamu jumpai, ukuran kue rintak ini lebih besar dan tebal serta berwarna kecoklatan.

Harga: mulai dari Rp25.000/bungkus*

administrationz
administrationz